• Tips Memilih Ukuran Biola Yang Sesuai



    Manakah ukuran biola yang sesuai untuk saya?
    _____________________________________________
    Sebenarnya biola memiliki ukuran beragam yang disesuaikan dengan ukuran tubuh seseorang, yaitu :
    • Ukuran 1/16 – cocok untuk anak kecil berumur 3 s/d 5 tahun, dengan panjang lengan antara 14 sampai 15 3/8 inci.
    • Ukuran 1/10 – cocok untuk musisi muda (anak) berumur 3 s/d 5 tahun, dengan panjang lengan antara 15 3/8 sampai 17 inci.
    • Ukuran 1/8 – cocok untuk anak-anak penggemar biola yang berumur 3 s/d 5 tahun, dengan panjang lengan antara 17.1 sampai 17.5 inci.
    • Ukuran 1/4 – cocok untuk musisi muda berumur 4 s/d 7 tahun, dengan panjang lengan antara 17.6 samapi 20 inci.
    • Ukuran 1/2 – untuk anak berumur 6 s/d 10 tahun, dengan panjang lengan antara 20 sampai 22 inci.
    • Ukuran 3/4 – untuk anak berumur 9 s/d 11 tahun, dengan panjang lengan antara 22 sampai 23.5 inci.
    • Ukuran 4/4 atau sering juga disebut dengan full size – bisa digunakan untuk anak usia 9 tahun, dengan panjang lengan minimal 23.5 inci. Ukuran ini cocok digunakan untuk orang dewasa, atau yang memiliki panjang lengan minimal 23.5 inci.
    • Sumber : http://musiced.about.com/od/beginnersguide/a/vsizes.htm
    => Tetapi yang paling banyak dijual dan paling laris adalah ukuran 4/4 dan 3/4, baru kemudian ukuran 1/2.
    Tujuan pembuatan biola dalam berbagai ukuran adalah untuk menyesuaikan kemampuan seseorang, karena sesungguhnnya berat biola memiliki pengaruh bagi kenyamanan seseorang dalam memainkannya. Jika sebuah biola terlalu besar (berat) atau kecil (ringan) bagi seseorang, tetap saja ada ketidaknyamanan, meskipun seiring berjalannya waktu serta ketekunan dalam berlatih, hal ini tidak akan menjadi masalah.
    Bisa anda bayangkan jika setiap 2 tahun, anda sebagai orang tua / calon orang tua, harus mengganti biola untuk menyesuaikan panjang tangan anak anda yang terus bertambah :) -  Sayapun sempat merasa lucu sendiri saat memegang meteran kain untuk mengukur panjang lengan saya :D , namun hal tersebut penting untuk diketahui.
    Tetapi, ada cara sederhana yang dapat anda gunakan untuk mengetahui ukuran biola yang sesuai. Perhatikan gambar berikut, lalu bacalah penjelasan dibawahnya.


    [1] Peganglah biola seperti yang terlihat pada gambar, yaitu – tangan kiri (telapak tangan) memegang / menggenggam scroll.
    [2] Sekarang perhatikan perbedaan lekukan pada siku antara gambar 1 dan 2. Pada violin, lengan dan siku terlihat menekuk, sedangkan pada viola (ukuran 3/4), siku dan lengan nampak lebih lurus. Dalam hal ini, alat musik gesek yang dapat digunakan dengan nyaman olehnya adalah violin ukuran 4/4, meskipun – dia mampu untuk menggunakan viola (ukuran 3/4).
    [3] Apabila tangan anda tidak sanggup menggenggam scroll, maka pilihlah ukuran biola yang lebih kecil, begitupun sebaliknya.
    Catatan : Disini saya menggunakan viola sebagai contoh karena tidak memiliki violin berukuran kecil, tetapi, pada dasarnya cara pemilihan ukuran tetap sama pada violin maupun viola. Cara ini sering digunakan oleh para guru biola untuk menentukan ukuran violin yang sesuai bagi muridnya, terlebih untuk anak-anak, daripada harus memegang meteran atau penggaris :D





    Jika Anda ingin belajar biola, sebenarnya tidak banyak hal yang harus Anda persiapkan. Mulai darimana pun bisa, akan tetapi topik mengenai hal teknis tentang belajar biola akan dibahas nanti. Karena yang harus Anda persiapkan diawal adalah diri Anda sendiri.
    Apakah Anda mau belajar biola?
    Anda mau sekali atau hanya mau-mau aja?
    Semua kembali kepada pribadi masing-masing, jika memang Anda sangat berhasrat ingin belajar biola, apa pun motivasinya, Anda HARUS melanjutkan. Tapi jika cuma sekedar mau atau disuruh, lebih baik Anda pikirkan lagi.
    Belajar biola dengan bertahap.
    Dimulai dengan belajar note balok, interval nada, fingering, teknik menggesek biola, sinkronisasi tangan kiri dan kanan, sampai teknik-teknik rahasia dalam belajar biola lainnya. Lakukan dengan berurut.
    Dibutuhkan kesabaran dalam belajar biola.
    Seringkali musisi otodidag melewati pelajaran dalam membaca note balok dan interval, mereka lebih suka latihan fingering dan sinkronisasi supaya bisa bermain dengan cepat dan dikagumi. Padahal mereka tidak akan bisa berkembang jika tidak memahami dasar-dasar bermain biola. Oleh karena itu, DIHARAPKAN Anda sabar dalam belajar biola. Tenang aja, semua terasa cepat kok jika Anda Menikmatinya.
    Terus..Terus..dan Terus belajar biola.
    Tidak perlu setiap hari dan setiap saat Anda bermain biola, karena Anda punya kesibukan juga tentunya. Tetapi lakukan terus! Tetap Konsisten belajar biola! Jika hari ini tidak ada kesempatan, maka lakukan lah esok hari. Jika besok pun tidak bisa, lanjutkan lagi lusa. Bila Anda cinta dengan biola, maka Anda adalah Violinist!
    Belajar biola dari Sang Maestro.
    Cari tokoh-tokoh violinist dunia yang Anda ingin tiru, dari yang klasik seperti Vivaldi sampai yang modern seperti Vanessa Mae, bisa juga cari di Youtube, disana banyak violinist-violinist handal yang suka show-off. Contoh mereka, tiru mereka, bayangkan Anda adalah mereka, maka suatu saat Anda akan melebihi Sang Maestro tersebut.
    Berdoa sebelum dan sesudah belajar biola.
    Ini yang sering terlupakan oleh pemula sampai mahir, terkesan seperti hal kecil tapi sesungguhnya doa bisa menjadi pembangun diri Anda. Doa bisa membuat semangat Anda stabil dari awal sampai akhir, doa bisa membuat Anda lebih sabar dalam belajar biola, dan doa juga bisa menjadi motivator bagi diri Anda sendiri. Oleh karena itu, berdoa lah kepada Tuhan supaya Anda semakin mahir dalam bermain biola.

0 comments:

Post a Comment