• Tips Memulai Bisnis Catering


    Suatu hal yang awalnya adalah hobi tidak ada salahnya untuk dapat dicoba menjadi peluang bisnis yang berhubungan dengan hobi masing-masing, misalnya dari hobi memasak dapat membuka Bisnis Catering. Selain hobi tersebut dapat tersalurkan, pendapatan yang cukup besar dapat dihasilkan jika sukses mengelolanya. Agar sukses mengelola Bisnis Catering, tentunya perlu mempelajari Tips Memulai Bisnis Catering karena hobi memasak saja tidak cukup mengantarkan pada kesuksesan.
    Sebelumnya, perlu untuk mengetahui beberapa hal penting yang harus dipelajari sebelum memulai Bisnis Catering seperti berikut:
    1. Membekali diri dengan pengetahuan nutrisi. Pengetahuan ini harus dimiliki oleh pengelola usaha catering. Namun, jika belum memilikinya, bisa juga bekerja sama dengan ahli nutrisi professional atau setidaknya berpartner dengan seorang yang ahli dalam bidang tersebut.
    2. Memiliki ide kreatif dalam menciptakan menu-menu keseharian yang menarik minat konsumen. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk mengantisipasi kejenuhan atau kebosanan konsumen terhadap menu yang ditawarkan.
    3. Mengadakan kerjasama dengan pemasok bahan baku masakan yang berkualitas. Untuk menjamin keamanan dan mutu dalam Bisnis Catering, bahan utama menjadi salah satu factor yang menentukan. Oleh karena itu, carilah partner yang dapat dipercaya dan terbukti mampu menyediakan bahan baku yang berkualitas baik.
    4. Memiliki keahlian dalam mengembangkan bisnis. Hal ini sangat penting untuk mendukung kesuksesan usaha Bisnis Catering.
    Keempat hal di atas perlu ditinjau sebelum mulai memantapkan usaha di bidang kuliner. Setelah mengetahui beberapa hal tersebut, berikut adalah beberapa Tips Memulai Bisnis Catering :
    • Tentukan konsep dari Bisnis Catering yang akan dijalankan, apakah katering pesta, katering rantangan atau katering untuk menu khusus.
    • Tidak ada salahnya jika mengadakan survey kecil-kecilan untuk mengetahui siapa saja kompetitor dari Bisnis Catering yang akan dijalankan. Jangan lupa untuk mencari informasi tentang harga, kualitas makanan serta kualitas penyajiannya, karena semakin banyak informasi yang didapatkan, maka akan semakin memiliki wawasan tentang Bisnis Catering tersebut.
    • Mulai hitung biaya produksi dengan cermat. Buatlah perbandingan dengan pemasukan yang akan diterima dan harus berspekulasi agar bisnis yang dijalankan memberikan keuntungan.
    • Mulai rencanakan resep menu masakan yang akan menjadi Andalan Bisnis Catering.
    • Lakukan strategi usaha yang jitu dalam berpromosi. Promosi yang tepat akan membuat Bisnis Catering dikenal banyak orang. Di awal usaha, lakukan promosi dengan harga miring untuk setiap pemesanan, namun ingat untuk harus tetap mengedepankan kualitas. Untuk masalah promosi, bisa melibatkan teman, keluarga, maupun melalui selebaran/pamflet.
    • Terutama jika pelanggan anda adalah pegawai kantoran. Usahakan menu masakan anda tidak berbahan dasar yang banyak dihindari orang seperti daging kambing
    • Cara sukses membuka usaha catering lainnya yang perlu kita perhatikan adalah ketepatan waktu.seperti misal saatnya pulang kantor harus ada makanan dirumah maka akan menignkatkan minat terhadap pelanggan.
    Demikian tips-tips yang bisa dipelajari untuk memulai bisnis catering. Semoga bermanfaat dan selamat memasak!

0 comments:

Post a Comment